Monday, February 28, 2011

Apa yang Disebut Dengan Virus Komputer?

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa virus komputer disebut dengan virus? Apakah komputer Anda menjadi sakit? Atau akan segera mati? Kita semua telah mengetahui bahwa komputer tidak dibangun dari kumpulan sel-sel hidup. Komputer tidak dapat sakit seperti halnya apa yang terjadi pada manusia. Jadi, mengapa virus komputer disebut dengan nama “virus” ?


Virus komputer pada dasarnya adalah sebuah program komputer yang dapat menyalin (copy) dirinya dan dapat menginfeksi sebuah atau begitu banyak komputer. Sama halnya dengan “virus” dalam terminologi kesehatan, sebuah virus dalam dunia kesehatan diartikan sebagai sebuah agen kecil yang dapat mereplikasikan dirinya dan dapat tinggal pada organisme hidup. Virus bersifat menginfeksi, artinya dapat menyebarkan dirinya pada organisme lain, dan dapat menyebabkan dampak-dampak tertentu yang biasanya cenderung merugikan.


Dari penjelasan di atas telah cukup jelas, perbedaan virus komputer dengan virus yang kita kenal dalam dunia kesehatan hanyalah pada objek yang terinfeksi. Jika virus yang sesungguhnya menginfeksi organisme hidup, virus komputer tentu saja menginfeksi komputer. Keduanya dapat menduplikasikan diri untuk menyebar dan menginfeksi korban-korbannya. Dan juga keduanya memiliki dampak yang cenderung merugikan.


Jika manusia atau makhluk hidup lainnya terinfeksi dengan virus, maka dapat menjadi sakit. Dan jika sebuah komputer terinfeksi virus komputer tertentu, maka komputer tersebut dapat mengalami gangguan (tidak dapat beroperasi dengan baik).
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin